0

Juventus berhasil mengamankan leg pertama semfinal Liga Champions 2016-2017 atas Monaco pada Kamis (4/5/2017) dini hari WIB. Bianconeri –julukan Juventus- sukses mengalahkan Monaco dengan skor 2-0 di Stade Louis II.

Dua gol berhasil dicetak penyerang Juventus yakni Gonzalo Higuain. Kedua gol tersebut pun lahir dari umpan cantik dari pemain Brasil yakni Dani Alves. Gol pertama dicetak di menit 29, sedangkan gol kedua lahir di menit 59.

Kemenangan ini membuat Juventus semakin terbuka untuk meraih tiket final setelah memenangi leg pertama ini dengan dua gol tandang. Pasalnya peluang untuk meraih kemenangan semakin terbuka lebar saat Juventus akan tampil di kandang pada leg kedua di J-Stadium.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Kick off babak pertama dimulai, kedua tim langsung bermain dalam tempo tinggi. Kedua tim terlihat saling melakukan serangan untuk dapat membuat gol cepat pada laga tersebut.

 Dalam 10 menit pertama, Juventus mencoba untuk menguasai jalannya pertandingan. Sejumlah peluang didapat pasukan si Nyonya Tua –julukan Juventus- melalui serangan-serangan di sisi kiri dan kanan Monaco.

Setelah mendapat ancaman bertubi-tubi, Monaco mencoba untuk menurunkan tempo dengan bermain lebih santai. Anak asuh Leonrado Jardim pun akhirnya mampu menguasai pertandingan.

Akhirnya Monaco mendapat peluang lewat penyeran mudanya yakni Kylian Mbappe. Pemain berusia 18 tahun itu mengancam gawang Gianluigi Buffon setelah mendapat umpan silang dari rekannya dan melakukan tendangan jarak jauh ke arah tiang. Sayang, tendangannya bisa ditepis Buffon.

Setelah itu Monaco terus mendapat peluang melalui Mbappe dan juga rekannya Radamel Falcao. Namun, lagi-lagi kegemilangan Buffon terlihat dengan beberapa kali selalu menepis tendangan ataupun sundulan dari para pemain Monaco.

Tim tuan rumah yang asyik menyerang malah kebobolan di menit 29. Gol tersebut lahir dari serangan balik melalui kerja sama Dani Alves dan Paulo Dybala. Alves yang masuk ke daerah kotak penalti akhirnya memberikan umpan kepada Gonzalo Higuain bola pun langsung disambar dan masuk ke pojok gawang Monaco. Juventus unggul 1-0.

Pertandingan pun semakin memanas, setelah Monaco tertinggal 0-1 dari Juventus. Meski begitu, para pemain Juventus mencoba untuk membuat keunggulan kembali. Salah satunya melalui aksi Dybala yang mengeksekusi tendangan bebas. Sayang, bolanya berhasil ditangkap dengan baik oleh Danijel Subasic.

Akhirnya hingga peluit babak pertama dibunyikan skor pun tak berubah. Juventus tetap unggul dengan skor 1-0.

Babak Kedua

Laga babak kedua baru dimulai, Monaco langsung membuka permainan dengan menyerang. Peluang pun langsung didapat di menit 47 lewat aksi Falcao. Mendapat umpan dari Bernardo Silva, Falcao menerima bola dengan baik. Sayang sepakannya ke arah gawang Juventus itu berada tepat di dekapan Buffon.

10 menit berjalan Monaco terus membombardir pertahanan Juventus. Sementara sang tamu berusaha meladeni permainan sang tuan rumah dengan membuat pertahanan yang sangat rapat.

Namun, sekali lagi asyik menyerang, Monaco justru malah kebobolan kembali di menit 59. Adalah aksi dua pemain yang membuat gol pertama yakni Dani Alves dan Gonzalo Higuain. Alves yang menyisir dari sisi kanan memberikan empuk kepada Higuain yang berdiri di depan gawang. Satu kali sentuhannya pun berhasil menjebol gawang Monaco untuk yang kedua kalinya.

Seusai gol kedua, Monaco justru mengendur. Sementara para pemain Juventus semakin gencar untuk membangun serangan. Meski mereka kali ini tampak tampil santai untuk tetap mengancam pertahanan tim tuan rumah.

 Namun tak ingin menyerah, Monaco memulai kembali untuk membangun serangan agar bisa memperkecil ketertinggalan. Falcao beberapa kali mendapat peluang untuk mencetak gol. Namun, peluang tersebut tak mampu dimanfaatkan dengan baik lewat finishing akhir.

Juventus tampak nyaman bermain bertahan dengan terus meladeni serangan dari Monaco. Tim tuan rumah pun hampir memperkecil ketertinggalan melalui tendangan bebas. Sayang, sundulan Germain yang diterima dari tendangan bebas itu nyaris menjebol gawang Buffon setelah ditepis tipis oleh kiper terbaik Juve itu.

Hingga peluit babak kedua dibunyikan skor tak berubah. Juventus menang dengan skor 2-0 atas Monaco.

Susunan Pemain:
AS MONACO XI: Subasic, Sidibe, Jemerson, Glik, Fabinho, Lemar (Germain 67’), Bakayoko (Moutinho 67’), Bernardo Silva (Toure 81’), Dirar, Mbappe dan Falcao.

JUVENTUS XI: Buffon, Barzagli, Bonucci, Chiellini, Alves, Marchisio (Rincon 81’), Pjanic (Lemina 89’), Alex Sandro, Dybala, Higuain (Cuadrado 77’) dan Mandzukic.

Posting Komentar

 
Top